Bila Gantikan Rossi, Seberapa Oke Jorge Lorenzo di Aragon?

Bila Gantikan Rossi, Seberapa Oke Jorge Lorenzo di Aragon?

Bila Gantikan Rossi, Seberapa Oke Jorge Lorenzo di Aragon?

Jakarta

Jorge Lorenzo berpeluang menggantikan Valentino Rossi di MotoGP Aragon 2020. Statistik Lorenzo di sirkuit tersebut rupanya juga oke punya!

Tim Monster Energy Yamaha MotoGP sudah memastikan The Doctor tak ambil bagian dari balapan di Aragon akhir pekan ini. Itu terjadi setelah Valentino Rossi dinyatakan positif COVID-19.

Dengan absennya Rossi, nama Jorge Lorenzo digadang-gadang sebagai pengganti. Apalagi Yamaha kini masih memuncaki klasemen pabrikan, dengan Monster Energy Yamaha MotoGP berada di posisi keempat klasemen tim di MotoGP 2020.

Sejak awal musim, Lorenzo adalah test rider tim Yamaha sehingga tak asing-asing amat secara motornya — sekalipun rider asal Spanyol itu lebih mengakrabi YZR-M1 edisi 2019, bukan edisi 2020.

Sebelum ini kira Jorge Lorenzo untuk turun jadi rider wild card di MotoGP Catalunya juga pupus akibat pandemi virus Corona. Ia diyakini akan menyambut positif jika bisa hadir membalap lagi di lintasan jika diminta menggantikan Rossi di Aragon.

Merujuk pada statistik resmi MotoGP, Jorge Lorenzo serupa bisa jadi sosok pengganti Rossi paling tepat di Aragon. Pendekar dunia tiga kali MotoGP tersebut punya pencapaian oke di gelanggang tersebut.

Sirkuit Aragon sejuah ini sudah didominasi pabrikan Honda dengan tujuh kemenangan MotoGP masing-masing lewat Casey Stoner dalam 2011, Dani Pedrosa di 2012, dan Marc Marquez pada 2013, 2016, 2017, 2018, 2019.

Di antara dominasi Honda tersebut, Yamaha mampu merebut perut kemenangan di Aragon yang tiba menggelar race grand prix semenjak 2010. Dua kemenangan Yamaha tersebut sama-sama diraih oleh Jorge Lorenzo pada 2014 dan 2015.

Jumlah dua kemenangan dalam Aragon itu juga membuat Jorge Lorenzo cuma kalah dari Marc Marquez dalam hal jumlah kemajuan terbanyak di sirkuit tersebut.

Tak cuma itu, di luar dua kemenangan tersebut Jorge Lorenzo juga tercatat bisa lima kali naik podium pada kesempatan lain di Aragon; empat kala dengan Yamaha dan sekali bersama-sama Ducati.

(krs/cas)