Kondisi Piala Dunia 2022: Malaysia Rekrut Pemain Naturalisasi Belgia

Kondisi Piala Dunia 2022: Malaysia Rekrut Pemain Naturalisasi Belgia

Kuala Lumpur

Timnas Malaysia mendatangkan eks pemain Timnas U-21 Belgia Dion Cools jadi anggota baru. Pemain Midtjylland itu disiapkan untuk Kondisi Piala Dunia 2022.

Dion Cools menaikkan daftar skuad Timnas Malaysia menjadi 26 pemain untuk Pemusatan Latihan di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Sama seperti Timnas Indonesia, Malaysia juga memainkan pertarungan sisa Grup G pada Dubai.

Pemeran berusia 24 tahun sudah disahkan FIFA untuk bisa main memperkuat Malaysia biar pernah memperkuat berbagai level usia Timnas Belgia. Gabungan Sepakbola Malaysia (FAM) sudah jauh-jauh hari mengurus perpindahan kewarganegaraan Dion Cools.

“FAM telah kira-kira kali mengirim surat secara resmi ke Federasi Sepakbola Belgia (RBFA) dan sandaran dari FIFA, RBFA biar telah membalas permintaan FAM dengan memberikan rincian keterlibatan Dion Cools di skuad U-18 – U-19 sebab 2014-2015, skuad U-21 Belgia dari 2016-2019, selain itu dia tak pernah memperkuat skuad senior Belgia, ” tulis pernyataan resmi FAM.

[Gambas:Twitter]

FAM kemudiannya membuat permohonan kepada FIFA dengan melampirkan dokumen-dokumen berkaitan pemain bersama surat perincian yang diterima lantaran RBFA (Federasi Sepakbola Belgia). Setelah membuat penelitian kepada asas-asas yang diguna memakai dan dokumen-dokumen berkaitan, FIFA akhirnya meluluskan permohonan tersebut.

Selepas mendapat pengesahan FIFA, FAM lekas mendaftarkan nama Dion Cools untuk Kualifikasi Piala Dunia 2022/Piala Asia 2023. Dan setelah diluluskan FIFA serta Konfederasi Sepakbola Asia (AFC), FAM kemudian mengumumkan secara resmi bahwa Dion Cools secara resmi telah menjelma pemain baru Harimau Malaya.

Untuk sementara Malaysia menempati peringkat ke-2 Grup G dengan torehan 9 poin berkat tiga kali menang dan dua kali kalah. Dua kemenangan di antaranya diraih masa melawan Indonesia dengan skor 3-2 dan 2-0.

Timnas Malaysia masih berpeluang lolos ke sesi selanjutnya dengan status jago grup atau runner-up ulung. Sementara Timnas Indonesia sudah tak punya harapan sebab menjadi juru kunci minus meraih satu poin kendati.

(mrp/adp)