Korut Mundur di Kualifikasi Beker Dunia, Ada Imbas bagi Skuad Garuda?

Korut Mundur di Kualifikasi Beker Dunia, Ada Imbas bagi Skuad Garuda?

Jakarta kepala

Korea Memajukan mundur dari Kualifikasi Beker Dunia 2022 per pengumuman AFC pada, Minggu (16/5/2021). Ada pengaruhnya buat para peserta termasuk Timnas Nusantara?

Berbagai laporan menyebut bahwa Korea Melahirkan mundur karena pandemi COVID-19. Para pemain Korea Memajukan disebut belum melakukan vaksin sehingga enggan untuk menjemput risiko.

Rombongan Yun Jong-su sebelumnya tercatat sebagai peserta Grup H dengan torehan delapan pokok dan bertengger di peringkat keempat. Lanjutan Grup H diputuskan AFC digelar pada Korea Selatan yang terbatas sebagai lokasi sentralisasi.

Mundurnya Korea Mengetengahkan akan berpengaruh terhadap seluruh peserta kualifikasi Zona Asia. Setidaknya ada dua skenario yang diprediksi akan berlaku.

Media Vietnam, Vietexplorer , menyebut bahwa torehan pokok Korea Utara akan dihapus sehingga mereka otomatis menjadi juru kunci Grup H. Nah pertandingan para pengikut yang menghadapi Korea Memajukan sebelumnya juga dianggap tak pernah digelar.

Otomatis poin-poin yang diraih peserta dari Korea Melahirkan juga akan dibatalkan. Nah, hal yang sama selalu akan kemungkinan berlaku dalam grup-grup lainnya dimana perlawanan melawan juru kunci sebab masing-masing grup juga bakal dihapus.

Di atas adalah skenario pertama. Skenario kedua, semua peserta Grup H akan dihadiahi kemenangan 3-0 atas Korea Utara.

Sekjen AFC asal Malaysia Dato Windsor John juga melahirkan kemungkinan terjadinya skenario perdana. Jika itu terjadi, peserta Grup G, yang diisi Vietnam, Malaysia, Thailand, Bon Emirat Arab, dan Indonesia, juga akan terkena imbasnya.

Semua perlombaan melawan Timnas Indonesia pengikut Grup G akan dianggap tak pernah terjadi. Sebab Timnas Indonesia saat itu menduduki peringkat buncit Perserikatan G tanpa meraih kepala poin pun akibat tangan di lima pertandingan.

“Jika merujuk susunan AFC, memang semua poin dari laga melawan tim juru kunci tidak bakal dianggap. Begitu kalau susunan AFC, tapi kan ini ajang FIFA, ” prawacana Dato Windsor John dikutip dari media Malaysia, Harian Metro.

Sementara tersebut, Timnas Indonesia tak akan mendapatkan dampak dari mundurnya Korea Utara jika tetap menjadi tim juru pokok sampai akhir babak kualifikasi. Pasukan Garuda pun telah tak tertutup peluangnya untuk melaju ke babak kemudian di babak kualifikasi.

Tapi Adam Alis Cs masih harus berjuang pada tiga lanjutan dalam Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) pada 3-11 Juni mendatang. Hasilnya akan mempengaruhi nasib Timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Asia 2023. Karena Kualifikasi Piala Dunia ini juga bertindak jadi Kualifikasi Piala Asia.

(aff/ran)