Marc Marquez Absen, Honda Ukir Rekor Tanpa Podium di MotoGP 2020

Marc Marquez Absen, Honda Ukir Rekor Tanpa Podium di MotoGP 2020

Marc Marquez Absen, Honda Ukir Rekor Tanpa Podium di MotoGP 2020

Jakarta kacau

Tanpa Marc Marquez, lima race MotoGP 2020 menggunakan tanpa rider Honda di tribune. Itu menjadi sebuah rekor terpisah karena baru kali ini Honda alami dalam nyaris empat dekade!

Seiring dengan masih cederanya Marquez, yang turut mendirikan gelar juara dunia MotoGP 2020 dipastikan lepas dari gengamannya, tim Repsol Honda bukan cuma kesulitan meraih kemenangan tapi juga bahkan untuk naik ke atas tribune.

“Honda tanpa tribune dalam lima balapan untuk kali pertama dalam 38 tahun, ” demikian artikel di situs MotoGP. com.

Disebutkan lebih lanjut, HRC masa ini sedang menjalani laju terburuk tanpa podium semenjak kembali balapan di kelas primer pada tarikh 1982. Nyaris empat dekade ataupun 40 tahun silam.

Sulit membantah fakta bahwa itu adalah imbas dari cederanya Marc Marquez. Bukan apa-apa, si Baby Alien MM93 sudah sedemikian berpengaruh sejak tampil di kelas pokok MotoGP pada tahun 2013.

Simak saja statistik sedikit Marquez di tim MotoGP Honda berikut: Ia sudah menjalani 128 race MotoGP dengan meraih 95 podium, di antaranya 56 kemajuan. Dari tujuh musim keikutsertaan di kelas primer, enam di antaranya ia tuntaskan sebagai juara negeri.

Berikut perbandingan hasil Honda di MotoGP 2020 tanpa kehadiran Marc Marquez:

– Alex Marquez, adik Marc Marquez yang juga rekan setimnya di Repsol Honda, berada di posisi ke-15 klasemen MotoGP buat sementara dengan 15 poin. Raihan terbaiknya adalah finis kedelapan.

– Stefan Bradl, rider pengganti Marc Marquez, belum sudah satu kali pun di daerah poin. Dari tiga race, buatan terbaiknya adalah finis di kedudukan ke-17.

– Cal Crutchlow, dari tim LCR Honda Castrol, baru punya tujuh poin untuk duduk di posisi ke-21 klasemen MotoGP 2020 untuk sementara. Hasil terbaiknya adalah finis ke-13 sebanyak dua kali.

– Takaaki Nakagami, dari awak LCR Honda Idemitsu, menjadi rider Honda yang meraih hasil terkemuka sejauh ini. Ia nyaris naik podium dengan finis keempat dalam MotoGP Andalusia dan sempat bersaing di MotoGP Styria sebelum terhalang restart akibat red flag. Ia kini duduk di posisi keenam klasemen dengan 46 poin.

Dengan Marc Marquez sedang harus absen sekitar 2-3 bulan lagi, dan MotoGP 2020 berakhir di Portugal pada 22 November, akankah Honda bisa naik tribune musim ini?

(krs/mrp)