Umat Alis Masih Bersinar pada Timnas Indonesia Era Shin Tae-yong

Umat Alis Masih Bersinar pada Timnas Indonesia Era Shin Tae-yong

Dubai

Adam Alis membuat gol saat Timnas Nusantara ditekuk Afghanistan 2-3. Pemeran Bhayangkara FC itu masih bersinar di bawah asuhan Shin Tae-yong.

Adam Alis menjadi periode skuad Timnas Indonesia, zaman melawan Afghanistan di laga uji coba di Lapangan Latihan JA Sports Center and Shooting Club, Dubai, Selasa (25/5/2021) malam WIB. Ia awalnya dicadangkan, & baru dimainkan pada sesi kedua.

Sesudah tertinggal 0-2 di sesi pertama, Shin Tae-yong membina banyak pergantian dengan mengakui Yakob Sayuri, Firza Andika, Rachmat Irianto, Osvaldo Haay, dan Witan Sulaeman, dan memasukkan Genta Alparedo, Pratama Arhan, Nurhidayat Haji Haris, Syahrian Abimanyu, hingga Adam Alis

Pancaroba pemain ini terbukti jitu, dengan lahirnya gol yang dicetak Egy pada menit ke-59 sekaligus membuat Tim nasional Indonesia memperkecil ketertinggalan menjelma 1-3. Lima menit berselang giliran Adam yang mencantumkan namanya di papan skor.

Gol dengan dicetak Adam Alis sendiri lahir usai sang pemain memanfaatkan bola muntah, buatan tendangan bebas Egy pada menit ke-64. Timnas Nusantara makin mendekati Afghanistan secara skor 2-3, yang lalu bertahan hingga laga usai.

Terkait lulus ke gawang Afghanistan, Umat alis menambah panjang pengejawantahan apiknya di Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong. Walaupun sempat diragukan, Adam lulus membuktikan dirinya masih mulia memperkuat skuad Garuda.

“Mengenai gol, aku rasa itu hanya insting saja. Saya kira tadi sepakan bola Egy menghunjam gawang, tapi saya hadir, bola rebound ke beta dan Alhamdulillah masuk gawang, ” kata Adam perkara golnya ke gawang Afghanistan, dalam rilis federasi.

Dengan usia 27 tahun, Adam menjadi satu diantara pemain paling senior di Timnas Indonesia saat itu. Adapun pemain tertua merupakan Kushedya Yudo. Adam kemunculan 19 Desember 1993, Kushedya 16 Juli 1993.

Menariknya, Adam merupakan pemain senior yang terus dipertahankan Shin Tae-yong semenjak pertama kali dipanggil Pemfokusan Latihan pada Juli 2020 lalu. Adam juga turut menyertai skuad Timnas Indonesia yang menggelar dua uji coba melawan Tira Persikabo dan Bali United di dalam awal Maret lalu.

Dalam dua pertandingan itu, Adam bersinar serta Shin Tae-yong memberikan pujian. Sang pelatih pun menganjurkan indikasi untuk terus memanggil Adam dalam kesempatan-kesempatan selanjutnya.

“Penampilan Umat memuaskan saya dan bila pemain lain bisa bersekolah dari penampilan Adam, jelas tim ini akan menyusun juga ke depannya, ” kata Shin Tae-yong untuk saat memberikan keterangan pers seusai laga kontra Bali United, awal Maret awut-awutan.

Ucapan Shin Tae-yong terbukti. Nama Adam terus dipertahankan ketika para-para pemain senior lainnya disingkirkan para pemain muda yang kini mendominasi skuad Pasukan Garuda.

Saat ini Adam bertekad untuk langsung berkontribusi pada laga-laga Tim nasional Indonesia selanjutnya. Terdekat, Evan Dimas Cs bakal melayani Oman pada uji jika kedua, 29 Mei.

Setelah itu, Timnas Indonesia akan tampil di sisa tiga laga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Mula-mula melawan Thailand pada 3 Juli, Vietnam pada tujuh Juli, dan Uni Emirat Arab (UEA), pada 11 Juni.

“Jangan melihat skornya akhirnya, tersebut baru pertandingan persahabatan, awak akan lebih fokus melawan Thailand, Vietnam, dan Uni Emirat Arab nanti. Tersebut uji coba untuk pemanasan agar tahu apa dengan pelatih inginkan, ” kata Adam.

“Harapannya lawan Oman nanti merupakan kami bisa lebih kompak lagi, lebih kuat, biar nanti ke depannya lebih siap di kualifikasi Piala Dunia, ” ucapnya.

(yna/nds)