Yamaha Kena Sanksi, Ini Imbas ke Klasemen Konstruktor MotoGP 2020

Yamaha Kena Sanksi, Ini Imbas ke Klasemen Konstruktor MotoGP 2020

Yamaha Kena Sanksi, Ini Imbas ke Klasemen Konstruktor MotoGP 2020

Jakarta

Berikut update klasemen konstruktor MotoGP 2020 yang terbaru setelah Yamaha, beserta dua timnya di MotoGP 2020 yakni Monster Energy Yamaha dan Petronas Yamaha SRT, kena sanksi pengurangan poin.

Pabrikan Yamaha dijatuhi sanksi oleh FIM MotoGP Stewards karena melanggar regulasi. FIM tidak merinci detail pelanggaran pelanggarannya, dengan cuma menyebut Yamaha tak mematuhi protokol.

“Karena pengawasan internal, Yamaha Motor Company gagal menghormati protokol yang menggugat mereka memperoleh persetujuan dengan perkataan bulat dari MSMA untuk perubahan teknis, ” tulis pernyataan FIM.

Menurut Crash , sanksi diberikan karena Yamaha menggunakan komponen ilegal di MotoGP Spanyol. Yamaha diklaim menggunakan katup yang tidak sesuai dengan patokan homologasi mesin yang ditetapkan pra musim kejuaraan digelar.

Imbasnya, pabrikan Yamaha kena hukuman pengurangan 50 poin di daftar konstruktor. Sementara tim Monster Energy Yamaha kena pengurangan 20 poin, dan tim satelitnya yakni Petronas Yamaha SRT juga kena pengurangan 30 poin.

Mengenai para ridernya tidak kena hukuman. Valentino Rossi, Maverick Vinales, Fabio Quartararo, dan Franco Morbidelli bebas sanksi.

Dengan cuma tim dan pabrikan yang tersentuh sanksi, maka ada perubahan situasi di klasemen konstruktor MotoGP 2020. Yamaha harus lengser dari kedudukan teratas.

klasemen konstruktor motogp 2020 usai yamaha kena sanksi pengurangan poin Klasemen konstruktor Motogp 2020 sudah Yamaha kena sanksi pengurangan pokok. (Foto: screenshot wikipedia)

Yamaha kini menempati urutan ketiga dengan 158 poin, dalam bawah Ducati (171) dan Suzuki (163). Sementara di klasemen tim, Petronas Yamaha masih berada di peringkat dua dengan 198 pokok (harusnya 235 poin).

klasemen tim motogp 2020 usai yamaha kena sanksi pengurangan poin Klasemen tim Motogp 2020 usai Yamaha kena sanksi pengurangan poin. (Foto: screenshot wikipedia)

Adapun Monster Energy Yamaha juga turun ke peringkat lima, dari harusnya berharta di posisi 4. Tim sari Yamaha itu kini mengoleksi 156 poin (dari 176 poin), tersalip Red Bull KTM Factory Racing yang naik ke posisi 4.

Akhir pekan itu, Yamaha sendiri akan kembali berlaga di MotoGP Eropa. Kemenangan tetap diraih untuk bisa mengembalikan situasi tim di klasemen konstruktor MotoGP 2020.

(yna/krs)